PENGADAAN CPNS 2021


FAQ Seleksi CPNS Kemenperin 2021

 

TOEFL

 

Q   :   Apakah bisa menggunakan selain TOEFL misal IELTS, TOEIC dll?

A   :   Tidak.

 

Q   :   TOEFL apa yang bisa diterima?

A : TOEFL institutional (ITP, PBT, IBT), TOEFL Prediction seperti EPT, TOEFL universitas, dll.

 

Q   :   Bagaimana jika TOEFL IBT?

A   :   Konversi IBT ke ITP, input di aplikasi sesuai dengan konversi

 

Q  :  Apakah formasi SELAIN formasi jabatan Guru, Dosen dan Penempatan di Ditjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) membutuhkan nilai TOEFL?

A   :  Tidak perlu. TOEFL hanya dipersyaratkan untuk formasi jabatan Guru, Dosen dan penempatan di Ditjen KPAII saja

 

Q   :   Masa berlaku TOEFL ?

A   :  Maksimal 2 (dua) tahun sejak tanggal pelaksanaan tes TOEFL atau sesuai dengan masa berlaku yang tercantum pada sertifikat TOEFL, dan masih berlaku sampai dengan saat pelamar selesai mendaftar.

 

AKREDITASI

 

Q  :   Akreditasi yang digunakan apakah saat lulus atau saat ini?

A   :   Saat lulus.

 

Q  :   Apakah bukti akreditas program studi perlu dilegalisir?

A   :   Tidak perlu.

 

Q  :   Bagaimana jika di ijazah tidak terdapat ket. Akreditasi?

A   :  Harus melampirkan surat keterangan Akreditas dari BAN-PT atau dokumen lain yang bisa dipertanggungjawabkan. Keterangan Akreditasi bisa berupa Screenshot dari BAN-PT yang menunjukkan akreditasi saat kelulusan atau bagi yang sedang dalam masa reakreditasi bisa mencantumkan akreditasi sebelum kelulusan beserta surat keterangan reakreditasi.

 

Q  :  Akreditasi yang dipersyaratkan, akreditasi perguruan tinggi atau program studi?

A   :  Untuk formasi Umum, Disabilitas, Diaspora, dan putra/iPapua/Papua Barat: bukti akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi.

Untuk formasi Cumlaude: bukti akreditasi “A” Perguruan Tinggi dan bukti akreditasi “A” Program Studi

 

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

 

Q :  Apakah lulusan S-1 Pendidikan Biologi bisa melamar di formasi dengan kualifikasi pendidikan S-1 Biologi?

A :  Tidak bisa. Pelamar hanya bisa melamar pada formasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, karena jika melihat substansi S1 Pendidikan Biologi merupakan suatu prodi keguruan sedangkan S1 Biologi merupakan prodi reguler/non keguruan, kecuali dalam jabatan yang akan dilamar memperbolehkan kedua prodi tersebut untuk melamar.

 

Q :  Untuk formasi jabatan Analis Kerjasama Pendidikan di persyaratkan S1 Pendidikan, apakah semua bidang Pendidikan dapat diterima?

A :  S1 Pendidikan yang dimaksud di sini adalah semua S1 Pendidikan yang memiliki keterkaitan dengan tugas jabatan Analis Kerjasama Pendidikan dan bidang industri. Diutamakan lulusan sarjana pendidikan yang terkait dengan substansi pengembangan pendidikan vokasi (kejuruan) industri.

 

Q   :  Untuk kualifikasi pendidikan S1 Teknik, apakah semua S1 Teknik dapat diterima?

A  : S1 Teknik yang dimaksud di sini adalah semua S1 Teknik yang memiliki keterkaitan dengan tugas jabatan di bidang industri.

 

Q   :  Apa saja ruang lingkup kualifikasi pendidikan S1 Industri?

A  :  S1 Industri yang dimaksud di sini adalah semua prodi S1 yang menyebutkan unsur industri dan memiliki keterkaitan dengan tugas jabatan yang dilamar.

 

Q   :  Apa saja ruang lingkup kualifikasi pendidikan S1 Pertanian ?

A  : Ruang lingkup S1 Pertanian adalah semua rumpun prodi S1 Pertanian dan sepanjang gelar yang tertulis dalam ijazah adalah Sarjana Pertanian.

 

Q  :  Nama program studi saya berubah dari B ke A sedangkan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah B, apakah saya bisa mendaftar?

A  : Jika terdapat perubahan nama program studi pelamar sehingga berbeda dengan yang di formasi, perlu surat keterangan kampus yang menyatakan bahwa jurusan tersebut sama.

 

IJAZAH / SKL

 

Q  :  Apakah boleh menggunakan Surat Keterangan Lulus?

A  :  Tidak boleh.

 

Q  :  Bagaimana jika dalam ijazah tidak tertulis keterangan Dengan Pujian/ Cumlaude bagi pelamar formasi khusus lulusan terbaik?

A : Apabila ijazah tidak ada ket. Lulus Dengan Pujian/Cumlaude maka bisa menggunakan sertifikat piagam dari kampus yang menunjukkan ket. Lulus Dengan Pujian/Cumlaude.

 

LULUSAN LUAR NEGERI

 

Q  :  Bagaimana konversi jurusan jika lulusan dari Luar Negeri?

A : Pelamar terlebih dulu melakukan konversi melalui Kemendikbud, baru dapat pastikan jurusan untuk memilih formasi.

Untuk formasi UMUM, DISABILITAS, dan PUTRA/PUTRI PAPUA/PAPUA BARAT: konversi jurusan dan IPK

Untuk formasi CUMLAUDE: konversi jurusan, IPK, dan surat keterangan yg menyatakan cumlaude

Untuk Formasi DIASPORA penyetaraan ijazah dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi disertai dengan konversi nilai IPK ke dalam skala 4 dapat disampaikan menyusul setelah proses seleksi keseluruhan selesai atau setelah pengumuman kelulusan.

 

 

PENEMPATAN

 

Q  :  Bagaimana penempatan untuk formasi di yang menyebutkan Unit Kementerian Perindustrian Wilayah Jakarta/Makassar, dll?

A  :  CPNS akan ditempatkan di antara Jakarta atau Makassar tergantung penempatan unit kerja nanti. Di surat pernyataan sudah tertera bahwa “Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI yang ditentukan oleh Kementerian Perindustrian” .

 

Q  :  Apa perbedaan penempatan untuk formasi di Kementerian Perindustrian unit (A) atau unit (B)? misal: Balai Besar Keramik (A) atau Balai Besar Keramik (B)?

A  :  Tidak ada perbedaan, pemberian kode A dan B hanya untuk memudahkan pelamar dalam memilih penempatan untuk formasi yang mana pada saat menginput formasi di SSCASN.

 

JADWAL dan TES

 

Q   :   Apakah jadwal tes di pengumuman sudah pasti?

A  : Jadwal masih tentatif karena untuk Pelaksanaan SKD CAT dan SKB CAT berdasarkan penjadwalan dari BKN.

 

Q   :   Dimanakah lokasi tes SKD CAT dan SKB CAT?

A  :  Pilihan lokasi tes SKD CAT akan dapat diketahui ketika mendaftar di SSCASN, terdapat 18 wilayah lokasi tes SKD CAT yang dapat dipilih oleh pelamar. Kepastian lokasi tes SKD CAT dan SKB CAT akan diumumkan lebih lanjut menjelang pelaksanaan.

 

Q  :  Apakah pelamar formasi Guru dengan Sertifikat Pendidik mendapatkan nilai SKB 100?

A  :  Sudah tidak ada lagi ketentuan tersebut dalam Permenpan RB Nomor 27 tahun 2021 tentang Pengadaan PNS.

 

SSCASN

 

Q  :  Formasi pada fasilitas Pencarian Lowongan tidak diketemukan padahal ada di Pengumuman?

A  :  Formasi tidak hilang tetapi mungkin sedang proses loading pada aplikasi Apabila pada filter pendidikan tidak terdeteksi maka dicoba filter lainnya.

 

Q   : Prodi tidak diketemukan pada saat proses pendaftaran?.

A   : Melaporkan pada HelpDesk SSCASN.

 

Pertanyaan lain terkait SSCASN dapat dilihat pada laman https://sscasn.bkn.go.id/faq